Home » , » LAPORAN OBSERVASI DI DTA AL-HUDA CITEUREUP KAWALI CIAMIS

LAPORAN OBSERVASI DI DTA AL-HUDA CITEUREUP KAWALI CIAMIS

BAB I

PROFIL DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HUDA

DUSUN/DESA CITEUREUP KECAMATAN KAWALI

KABUPATEN CIAMIS


 

  1. LETAK GEOGRAFIS


     

        Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah al huda terletak di RT 02 RW 01 Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis provinsi Jawa Barat, kurang lebih 30 km dari ibu kota ciamis.


 

  1. SEJARAH BERDIRINYA MADRASAH


 

    Pendidikan agama merupakan sektor yang paling penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan berguna bagi suatu bangsa. namun demikian, tidak adanya suatu lembaga non formal yang menampung anak-anak usia sekolah dasar untuk mengikuti pendidikan agama islam khusisnya di Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis telah bermusyawarah melalui organisasi yaitu DKM Al Barokah untuk menyelenggarakan pendidikan agama islam bagi anak-anak melalui penyelengaran Tman kanak-kanak Al Qur'an dan Taman Pendidikan Al Qur'an yang berdiri mulai tahun 1965.

    Sebagai masyarakat yang peduli terhafap pendidikan, makasudah selayaknya kita berusaha mengembangkan pendidikan keagamaan tersebut. kemudian lembaga pendidikan ini berkembang dengan menyelenggarakan madrasah diniyah takmiliyah awaliyah.

    Oleh karena itu, diharapkan melalui pendirian madrasah diniyah Al Huda ini pendidikan keagamaan tersebar dengan cepat khususnya di lingkungan Dusun/desa Citeureup Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dan masyarakat luas pada umumnya.

Madrasah Diniyah ini berdiri diatas tanah wakaf dari bapak H. Suhada bin Sastrawijaya (alm) dan sekarang telah mendapat pengakuan dari pemerintah melalui surat izin operasiomnal pada tahun 1965.


 

  1. TUJUAN, VISI DAN MISI MADRASAH


 

Tujuan Madrasah

    "Meningkatkan kualitas pendidikan agama islam yang handal sebagai bekal generasi masa depan dalam menghadapi tangtangan zaman ".


 

Visi

    "menjadikan diniyah takmiliyah awaliyah Al huda sebagai lembaga yang dipercaya dalam membentuk generasi islami yang berwawasan tinggi dan mandiri yang dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT ".


 

Misi

  • Meningkatkan kualitas pendidikan agama islam
  • Membentuk generasi yang berakhlak mulia
  • Mendorong terciptanya generasi yang berwawasan luas
  • Menciptakan insan yang berbudi luhur

    Strategi

    1. Memberi layanan pendidikan secara terpadu dengan mengoptimalkan saranaprasarana dan dan pendukung program-program pendidikan agama islam,

    2. Mengupayakan hubungan yang harmonis dengan pihak-pihak yang punyakepedulian tehadap upaya peningkatan pendidikan agama islam,

    3. Mengupayakan layanan pendidikan yang seimbang serta sesuai kebutuhan, potensi dan daya dukung yang dimiliki.


     

  1. KURIKULUM DAN KBM


 

    Salah satu pengelolaan kurikulum dan mempersiapkan proses pembelajaran di Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda adalah dengan penyusunan programan tahunan, program semester, agenda harian, alat evaluasi dan sarana pendukug lainnya.

    Adapun kurikulum yang digunakan oleh madrasah Diniyah Al Huda adalah kurikulum yang mengacu pada standar nasional kurikulum diniyah berbasis kompetensi. untuk mencapai keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan dalan kurikulum, Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda memiliki program kegiatan belajar mengajar yaitu :

1. Prorgam pokok terdiri atas Al Qur'an Hadits, ibadah Syari'ah, aqidah akhlak, SKI, dan Praktek ibadah,

2. Program ekstra kurikuler, diantaranya : kaligrafi, murotal, tahfid Qur'an, seni Rebana dll,

3. Program khusus, yaitu : pembiasaan shalat berjamaah, tadarus Al Qur'an.


 

  1. EVALUASI PEMBELAJARAN


     

        Untuk mengetahui ketercapaian kurikulum dan daya serap santri, maka Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al Huda mengadakan beberapa evaluasi yaitu :

    1. Ulangan harian

    2. Ulangan tengah semester

    3. Ulangan Akhir semester


     

  2. PERSONALIA MADRASAH


     

    1. Kepala madrasah         : Omang Komarudin, S.Pd.I
    2. Wakil kepala         : Ejen Zaenal Muttaqin
    3. Keadaan guru         

NO 

NAMA 

J/K 

IJAZAH 

JABATAN 

MENGAJAR 

 

Lilih Siti Hlaimah 

P 

MTS + Pontren 

GURU 

Kls.IV 

 

Irah  

P

SD + Pontren 

GURU 

Kls.III

 

Susi Sundari 

P

MTS  

GURU 

Kls.I

 

Rina Susilawati 

P

MA 

GURU 

Kls.II


 

  1. Keadaan Siswa

NO 

KELAS 

JENIS KELAMIN 

JUMLAH 

LAKI-LAKI 

PEREMPUAN 

 

Pra Diniyah A 

18 

10

28

 

Pra Diniyah B 

9 

8

17

 

I Ula 

10 

9

16

 

II Ula 

15 

12

27

 

III Ula 

6

10

16

 

IV Ula 

6 

7

13

 

I Wustha 

3 

7

10

 

II Wustha 

- 

-

-

Jumlah  

67 

64 

131 


 

  1. Keadaan Bangunan

NO 

NAMA 

JUMLAH 

KEADAAN 

KET 

 

Ruang Kantor 

- 

- 

 
 

Ruang belajar 

3 

Cukup 

 
 

Ruang perpustakaan  

- 

- 

 
 

Mesjid  

1 

Cukup 

 
 

WC 

2 

Cukup 

 
 

Tempat wudlu  

3 

Cukup  

 

Jumlah

9

  
  1. Administrasi Pendidikan
  • Buku induk Siswa
  • Absen Siswa
  • Absen Guru
  • Buku Laporan Pendidikan
  • Buku Daftar Nilai
  • Kartu Hafalan Siswa
  • Kartu Infaq Santri
  • Buku kas infaq Siswa
  • Kurikulum
  • Program Tahunan
  • Program semester
  • Agenda Harian
  • Notula Rapat
  • Jadwal Pelajaran
  • Kalender Pendidikan


 

  1. Sumber Pendanaan Madrasah
  • Infaq Siswa     : Rp 1.500,-/siswa/bulan
  • Donatur Tetap
  • Padi Perpanen


 

  1. Sarana Belajar
  • Buku Paket dari Depag
  • Buku-buku Perpustakaan
  • Meja, Kursi Guru
  • Papan Tulis
  • Alat Peraga


 

  1. Kedaan Lapangan
  • Lapangan Bermain


 

BAB II

ANALISIS SWOT TENTANG KEBERADAAN

DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH AL HUDA


 

  1. Kelebihan Madrasah (Strenght)


 

  • Memiliki warga belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Kelompok Bermain)
  • Terjangkau alat transportasi
  • Pengadministrasian sudah berjalan
  • Adanya dukungan dari orang tua siswa
  • Adanya dukungan dari masyarakat yang berada di kota


 

  1. Kelemahan Madrasah (Weaknes)


 

  • Masih ada masyarakat yang kurang menyadari pentingnya pendidikan
  • Sarana prasarana pendukung masih terbatas
  • Tenaga ustadz/ah belum profesional serta masih bersifat relawan dan belum dapat menerima balas karyanya secara memadai


     

  1. Peluang (Opportunity)


 

  • Adanya kepedulian alumni dan masyarakat untuk memajukan madrasah
  • Adanya kesamaan cita-cita antara komite dan pengelola madrasah
  • Menggali potensi yang ada pada anak


 

  1. Tantangan Madrasah (Threat)


 

  • Mensosialisasikan keberadaan madrasah diniyah secara lebih luas ke masyarakat
  • Mengoptimalkan berbagai sarana pendukung yang ada
  • Waktu yang digunakan singkat
  1. Inovasi


 

    Untuk mengoptimalkan madrasah diniyah, maka komite bersama pengelola madrasah diniyah berencana untuk melakukan beberapa inovasi :

  1. Menambah program untuk madrasah diniyah
  2. mengadakan study banding dengan diniyah yang telah maju
  3. Menambah pengetahuan Ustadz/ah dengan mengikuti pembinaan yang silaksanakan oleh KKDT tingkat kecamatan
  4. Menambah sarana dan prasarana yang diperlukan antara lain :
    1. Pengadaan mebeler meja siswa
    2. Pengadaan ruang Guru
    3. Pengadaan Ruang Perpustakaan
    4. Penambahan buku-buku perpustakaan
  5. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait yang mempunyai kepedulian terhadap pendidikan agama islam,
  6. Mensosialisasikan Madrasah Diniyah secara lebih luas


 

  1. Prestasi


 

    Sampai saat ini, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al Huda belum meraih kejuaraan dalam bidang apapun karena jarangnya mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan, baik di tingkat KKDT kecamatan maupun di pestipal-pestipal lainnya.


 

BAB III

KESIMPULAN


 

    Diniyah Takmiliyah Al Huda merupakan salah satu diniyah yang secara program pembelajaran dan pelaksanaan proses mangajarnya serta pengelolaanya telah mengacu pada setandar pengelolaan madrasah yang diharapkan, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi. akan tetapi kendala-kendala itu tentu saja akan menjadi pemicu bagi keberadaan madrasah diniyah ini untuk lebih meningkatkan kualitasnya.

    Dengan adanya diniyah takmiliyah awaliyah al huda ini, diharapkan dapat menjadi sarana pembentukan generasi islam yang memiliki kualotas keimanan dan ketaqwaan yang handal dan berakhlak mulia sehingga mampu menghadapi tangtangan zaman.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jawharie.blogspot.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your visiting this Blog, please leave comment !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JawHarie.Blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger