Home » , » Laporan Hasil Observasi Diniyah Al Muhajir

Laporan Hasil Observasi Diniyah Al Muhajir

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

    Madrasah adalah saksi dari perjuangan pendidikan yang tak kenal lelah. Pada zaman penjajahan Belanda, madrasah didirikan untuk semua warga. Sejarah mencatat, madrasah pertama kali berdiri di Sumatera, Madrasah Adabiyah (1908, dimotori oleh Syaikh Abdullah Ahmad), Madrasah berkembang di Jawa mulai 1912. Ada model madrasah pesantren NU dalam bentuk Madrasah Awaliyah, Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin Wustha dan Muallimin Ulya (mulai 1919); ada masalah yang mengapropriasi sistem pendidikan Belanda plus, seperti Muhammadiyah (1912) yang mendirikan Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Muallimin, Muballighin dan Madrasah Diniyah.

    Kaitannya dalam hal ini, madrasah sedikit banyak sudah melekat pada diri masyarakat (muslim). Maka tidak heran apabila pada abad ke-21 perkembangan madrasah diniyah khususnya masih ada.

    Madrasah Diniyah Al Muhajir adalah salah satu madrasah yang didirikian pada tahun 1997 oleh KH. Sya'roni Abdul Wahab, Lc., terletak di RT. 24 RW. 09 Dusun Sukalena Desa Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

    Madrasah Diniyah Al Muhajir didirikan sebagai wadah bagi pendidikan agama bagi anak usia sekolah, sehingga bisa mendukung terhadap pembelajaran di sekolah. Disamping itu Madrasah Diniyah Al Muhajir didirikan sebagai upaya untuk menanamkan akidah dan syariah kepada anak sejak dini sehingga ketika dewasa mereka sudah memiliki pengetahuan yang cukup untuk melaksanakan kewajibannya sebagai hamba Allah SWT.


     

  2. Visi dan Misi

    Visi Madrasah Diniyah Al Muhajir adalah membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa sesuai Al Quran dan Sunnah.

    Adapun misi yang diemban :

    1. Menanamkan keimanan kepada anak didik sejak dini.
    2. Membimbing anak didik dalam melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim.
    3. Membiasakan akhlak mulia sejak dini.


       

  3. Identitas, Susunan Komite dan Data Santri
    1. Nama Madrasah Diniyah     : Al Muhajir
    2. NSMDA     : 4123209142892
    3. Alamat     : Dsn Sukalena RT. 24/09 Cijeungjing

      Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis

    4. Lembaga Penyelenggara     : KH. Sya'roni Abdul Wahab, Lc.
    5. Struktur Organisasi     : Terlampir.
    6. Keadaan Santri     :

No

Kelas

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

Keterangan

1

I

6

8

14

 

2

II

8

5

14

 

3

III

4

7

11

 

4

IV

7

4

11

 

JUMLAH

50

 


 


 

  1. Tenaga Pengajar     :

Nama

L/P

Lulusan + PP

Jabatan

Mulai tugas

Muhibbah Millah

P

Pesantren

Kepala MD

1997

Faiz Muktafi

L

SMU

TU

2009

Sofa Anisatufus

P

SMU

Guru

2008

Agus Suhendar

L

Pesantren

Guru

2008

Nisa

P

SMU

Guru

2009

Dede Hilman F

L

SMU

Guru

2010


 

  1. Sarana Belajar     :
    1. Ruang Kelas    : 4 Ruang
    2. Ruang Guru    : 1 Ruang
    3. Toilet     : 2 Ruang
    4. Masjid     : 1 Bangunan
  2. Pendanaan Diniyah    :

    Pendanaan Madrasah Diniyah Al Muhajir bersumber dari

    1. Infak santri sebesar Rp. 3000,-/ bulan/ santri. Walaupun demikian dalam pelaksanaannya masih ada santri yang belum membayar secara penuh setiap bulan.
    2. Uang kas yang diambil dari para santri setiap hari dengan besarnya tidak terbatas.
    3. Shadaqah wali santri pada setiap acara kenaikan kelas dengan besarnya tidak ditentukan.


 

BAB II

PROSES PEMBELAJARAN

  1. Kurikulum

    Materi yang diajarkan mengacu kepada kurikulum baku Madrasah Diniyah yang telah ditetapkan oleh Departemen Agama yang dikembangkan oleh Madrasah Al Muhajir, dengan adanya tambahan muatan lokal dan keterampilan seperti bahasa Inggris, kaligrafi, kursus ceramah dan lain-lain yang menunjang terhadap peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Diniyah Al Muhajir, adapun materi pembelajarannya sebagai berikut :

    1. Al Quran Hadits
    2. Tajwid dan Ilmu Tajwid
    3. Fiqih
    4. Aqidah Akhlak
    5. Sejarah Kebudayaan Islam
    6. Bahasa Arab
    7. Bahasa Inggris
    8. Kaligrafi
    9. Imla
    10. Kursus Dakwah


       

  2. Waktu Pembelajaran

    Pembelajaran di Madrasah Al Muhajir dilakukan di sore hari dari mulai pukul 15.30 – 17.00 dengan materi pembelajaran berdasarkan kurikulum di atas, dengan libur pada hari jum'at.

  3. Metode

    Pembelajaran disampaikan secara individual dan klasikal. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, shorogan.


     

  4. Evaluasi

    Evaluasi yang dilakukan berbentuk ulangan mingguan, bulanan, semester, praktek ibadah dan ujian pada setiap peringatan hari Maulid Nabi Saw.


     

BAB III

ANALISIS SWOT DAN INOVASI YANG PERLU DILAKUKAN

DI MADRASAH DINIYAH AL-MUHAJIR

  1. Strength (Kekuatan)
    1. Murid-murid Madrasah Diniyah memiliki antusias dan motivasi yang tinggi dalam belajar.
    2. Partisipasi orang tua dalam mendorong anak untuk selalu hadir di madrasah sangat baik, walaupun dalam pembayaran syahriyah masih ada yang belum memperhatikan.
    3. Potensi siswa yang sangat baik sehingga cepat dalam penyerapan materi dan cukup kritis terhadap pelajaran.


       

  2. Weakness (Kelemahan)
    1. Kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, seperti bangku, alat peraga dan lain-lain.
    2. Kurangnya tenaga pengajar dan kualitas tenaga pengajar yang kurang dalam bidang administrasi pembelajaran.
    3. Lokasi madrasah yang kurang strategis karena cukup jauh dari jalan raya.
    4. Kurangnya sumber dana madrasah.
    5. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar iuran santri.


       

  3. Opportunity (Peluang)

    Di Madrasah Diniyah Al Muhajir ada beberapa peluang yang kaitannya dengan keberhasilan santri, diantaranya :

    1. Mengembangkan potensi santri yang memiliki prestasi yang tinggi.
    2. Penataan yang lebih baik pada madrasah ini dapat mendorong madrasah ini mampu bersaing dengan santri Madrasah Diniyah lain dalam segi pendidikan.


       

  4. Threat (Ancaman)

    Diantara ancaman yang dapat mengurangi lancarnya kegiatan belajar mengajar di Madrasah Al Muhajir, diantaranya :

    1. Anak-anak yang sudah masuk ke SMP biasanya tidak memiliki motivasi untuk belajar di madrasah diniyah.
    2. Pergaulan di luar madrasah yang kurang terkontrol sehingga cenderung jauh dari batasan akhlak mulia.


       

  5. Inovasi yang Perlu Dilakukan

    Setelah melakukan penelitian dan mencoba menganalisa terhadap Madrasah Diniyah Al Muhajir, Peneliti ingin mencurahkan atau memberikan inovasi diantaranya :

    1. Mengusahakan adanya peningkatan mutu kependidikan dan pengadministrasian Madrasah Diniyah.
    2. Mencari sumber dana lain untuk membantu keuangan madrasah untuk insentif tenaga pengajar di Madrasah Diniyah.
    3. Meningkatkan penguasaan santri terhadap bahasa Arab benda-benda di lingkungan sekitar madrasah dengan cara menempelkan tulisan bahasa Arab benda tersebut pada bendanya, seperti pada jendela ditempeli tulisan "سبك".


       

BAB IV

PENUTUP

  1. Kesimpulan

    Madrasah Diniyah Al Muhajir merupakan lembaga pendidikan diniyah yang ada di Dusun Sukalena RT. 24 RW. 09 Cijeungjing Ciamis. Madrasah ini telah berdiri sejak tahun1997 dan diakui oleh pemerintah pada tanggal 15 Pebruari 2008 dengan nomor statistik 4123209142892.

    Kurikulum yang digunakan di Madrasah Diniyah Al Muhajir adalah kurikulum baku Departemen Agama yang dikembangkan oleh Madrasah Diniyah Al Muhajir dengan memasukkan beberapa muatan lokal.

    Evaluasi yang dilakukan pada setiap minggu, bulan, semester dan pada peringatan maulid Nabi Muhammad Saw.


     

  2. Saran-saran

    Hendaknya Madrasah Diniyah mengusahakan adanya peningkatan mutu kependidikan dan pengadministrasian Madrasah Diniyah, mencari sumber dana lain untuk membantu keuangan madrasah untuk insentif tenaga pengajar di Madrasah Diniyah dan Meningkatkan penguasaan santri terhadap bahasa Arab benda-benda di lingkungan sekitar madrasah.


 

MADRASAH DINIYAH AWALIYAH

AL MUHAJIR

Alamat : Dusun Sukalena RT. 24 RW. 09 Cijeungjing

Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis


 

SURAT KETERANGAN

No. : 09/DTA/AM/III/2011


 

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Madrasah Diniyah Al Muhajir Sukalena Cijeungjing Ciamis, menerangkan bahwa :


 

Nama     : Muhammad Arofat

NPM     : 08.03.1816

Sekolah     : Institut Agama Islam Darussalam Ciamis


 

Telah melakukan kegiatan observasi pada Madrasah Diniyah Al Muhajir Sukalena Cijeungjing Ciamis yang saya pimpin.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya agar maklum dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


 

Ciamis, 22 Maret 2011

Kepala Madrasah Diniyah,


 


 

Ustd. Muhibbah Millah

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jawharie.blogspot.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your visiting this Blog, please leave comment !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JawHarie.Blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger