Home » , » 4 FOKUS DALAM MERAIH SUKSES

4 FOKUS DALAM MERAIH SUKSES

Semua orang menginginkan dirinya berkembangan ke arah yang lebih baik, memiliki motivasi, semangat, pantang menyerah, dan tentu saja ingin mencapai apa yang dicita-citakannya.

Harapan tersebut tentu saja bukan harapan kosong yang hanya terucap dari lidah tapi tidak diikuti oleh hati karena hatinya terlanjur mengatakan bahwa hal itu tidak mungkin. Andaipun itu mungkin, jalan untuk mencapainya akan berliku-liku dan penuh batu, terjal dan penuh jurang, bahkan jalan tersebut sangat jauh dan mungkin kita akan lelah sebelum sampai ke puncak tujuan kita. Keadaan hati yang seperti ini akan mendorong orang tersebut untuk berpikir kembali dan memilih hal yang memiliki resiko sedikit dan dengan tingkat kesulitan yang ringan, kalo dalam istilah game memilih level-level yang rendah demi untuk menghindari tantangan. Jika benar kita telah menentukan pilihan seperti ini berarti kita telah memilih kemungkinan terburuk dari hidup kita, karena kita memilih hal-hal mudah saja untuk mendukung hidup kita, yang tentu saja derajatnya juga tidak terlalu tinggi. Sehingga akhirnya kita merelakan hidup kita apa adanya sebelum kita berjuang untuk kemungkinan terbaik, patah semangat, kurang keras dalam berusaha dan tidak jeli dalam mengambil langkah, untuk itu hendaknya kita memperhatikan beberapa fokus di bawah ini, agar kita tidak terjebak dalam pertimbangan negatif yang mematahkan semangat dalam meraih cita-cita kita. Apa sajakah itu ? silahkan untuk direnungi di bawah ini :


 

  1. Fokus pada tujuan

    Di suatu desa ada dua orang pemuda. Ketika keduanya ditanya apa yang diinginkan dalam jangka waktu dekat ini ? pemuda pertama menjawab, "Entahlah aku masih bingung", sedang pemuda kedua menjawab, "Dalam jangka waktu dekat ini saya ingin menjadi petani sukses, karena potensi pertanian di desa ini sangat baik". Pemuda pertama adalah orang yang hidup tanpa tujuan, dan pemuda kedua ia telah jelas menyatakan tujuannya. Setelah dilakukan pengamatan perilaku kedua orang ini, maka pemuda yang pertama hanya diam, nganggur, hanya mengikuti arus saja, sedangkan pemuda yang kedua dia berusaha untuk mencari lahan terbaik, kemudian mencari informasi tentang pertanian yang akan dilakukannya, mencari bibit unggul dan melakukan semua yang direncanakannya.

    Dari kasus di atas kita bisa mengetahui bagaimana kuatnya pengaruh tujuan dan cita-cita dalam memotivasi seseorang untuk bergerak dan berjuang, oleh karena itu tentukanlah dari sekarang apa yang kita capai dalam jangka waktu dekat ini ?

    Dalam menentukan tujuan sebaiknya tujuan dengan kualitas terbaik menjadi acuan kita. Jangan sekali-kali menentukan tujuan dengan kualitas biasa-biasa. Jika demikian maka kita telah terperangkap dalam rendah diri yang mendorong kita mengambil kemungkinan yang paling mudah dengan kualias biasa-biasa. Anggap saja itu sebagai godaan nafsu yang tak mau dibebani oleh lelahnya perjuangan. Ingatlah nafsu itu adalah musuh terberat kita, tetapi jika kita bisa mengalahkan nafsu ini maka kita langkah kita akan terasa ringan dan mudah karena tantangan dari luar diri kita akan lebih mudah untuk kita hadapi daripada tantangan dari dalam diri kita sendiri. Tantangan dari luar tidak akan bisa menghentikan tekad yang kuat yang tertanam dalam hati kita, sebaliknya dorongan dari luar tidak akan memiliki pengaruh apa-apa jika kita sendiri tidak memiliki semangat untuk melakukannya.

    Hendaknya tujuan yang kita tetapkan adalah tujuan yang rasional. Tujuan yang rasional adalah tujuan yang dapat tercapai jika kita berusaha keras untuk mencapainya. Hal ini penting, karena ketika kita menentukan tujuan yang kita sendiri tidak tahu langkah-langkah untuk mencapainya maka itu adalah bukan tujuan, tapi itu hanya angan-angan saja.

    Dari point pertama ini bisa kita simpulkan, tentukanlah tujuan rasional setinggi mungkin sebagai acuan kita dalam melangkah.


     

  2. Fokus pada let's go !

    Andi adalah seorang lulusan SMK jurusan otomotif, setelah keluar dia sudah punya rencana ingin mendirikan bengkel kecil-kecilan sebagai tahap awal sekaligus pemandian motor. Rencana andi ini mendapat dukungan kuat dari orang tuanya. Namun setelah sekian bulan lulus, Andi belum mengambil langkah apapun, dia masih termenung dan berfikir bagaimana agar bengkelnya bisa memberikan pelayanan terbaik sehingga bisa menarik konsumen, bagaimana manajemen tenaga kerja, bagaimana pengadaan stok barang dan lain-lain. Akhirnya Andi larut dalam berbagai rencananya yang belum terealisasi, timbullah pertimbangan lain sehingga hampir saja Andi tidak jadi melaksanakan semua rencananya.

    Memikirkan langkah-langkah terbaik dalam melaksanakan sebuah rencana adalah hal yang harus dilakukan sebelum kita melangkah lebih jauh, tetapi jika hal itu dilakukan secara berlarut-larut, maka itu adalah kesalahan besar, karena permasalahan tidak akan selesai hanya dengan dipikirkan, tetapi masalah akan selesai jika kita lakukan. Artinya cukuplah beberapa minggu untuk menentukan langkah-langkah dalam memulai sebuah rencana, dan jangan menunda waktu lagi langsung kita LETS GO!.

    Bagaimana dengan beberapa masalah yang belum terpikirkan solusinya ? bukankah pengalaman itu adalah guru yang terbaik. Begitu banyak orang yang justru dengan langsung berbuat dia menemukan solusi terbaik bagi permasalahannya. Hal ini bisa kita maklumi, mengingat dengan langsung berbuat kita akan lebih mendalami permasalahan dan solusi pun akan datang dalam benak kita. Andaipun kita gagal dalam solusi tersebut maka kita akan berusaha mencari cara lain untuk penyelesaiannya.

    Ketika kita langsung berbuat, maka inspirasi-inspirasi akan datang menyambut kita. Sesuatu hal yang tidak kita rencanakan biasanya akan datang dan kadang-kadang itu adalah solusi terbaik bagi permasalahan yang kita hadapi. Dengan berbuat kita memiliki pengalaman, dengan adanya pengalaman kita menjadi lebih matang, ketika kita terus menjadi matang maka kita akan menjadi ahli dalam bidang yang kita tekuni. Jadi setelah kita menentukan rencana dan tujuan segeralah LETS GO!, maka kita secara perlahan-lahan akan menjadi matang dan ahli dalam bidang kita.

    Adapun dua fokus lagi yaitu fokus pada saat ini dan fokus pada yang terbaik dibahas di DI SINI.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jawharie.blogspot.com
Comments
2 Comments

2 komentar:

damink said...

Siip...
a fullback pasang nya dina blogroll
nu aa ku abi geus di pasang
http://lihathandphone.wordpress.com

damink said...

siip...
a pasang di blogroll nya, nu aa geus di pasang di blog abi
http://lihathandphone.wordpress.com

Post a Comment

Thanks for your visiting this Blog, please leave comment !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JawHarie.Blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger