Home » » Quranku Keren

Quranku Keren

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur mari kita panjatkan kepada Dzat yang Maha Ghafur, yang nikmatnya tidak akan pernah terukur walaupun oleh para insinyur, apalagi oleh tukang cukur dan tukang bajigur, yang Maha Kasih yang kasihnya tidak pilih kasih, yang Maha Penyayang yang sayangnya tidak pandang orang, karena hanya atas karunia-Nyalah kita dapat berkumpul ditempat yang mulia ini dalam rangka taqarruban ilallah yang dikemas dalam kegiatan FASI.

Shalawat beserta salam semoga selamanya terlimpah dan tercurah kepada baginda alam, pemimpin tertinggi anti korupsi, baginda termulya anti durhaka, dialah pemimpin yang miskin tapi mampu memberantas kemiskinan, pemimpin yang sederhana tapi menjadi panutan seluruh dunia, dialah habibana wanabiyyana Muhammad Saw.

Dewan juri yang kami hormati, hadirin rahimakumullah.

Seorang orientalis pernah berkata : “Tidak ada satu bacaan pun dalam kurun waktu 1500 terakhir ini yang demikian indah dan merdu, serta dapat menggetarkan jiwa manusia yang mendengarkannya kecuali Al Quran”. Kutipan ini seolah menyadarkan kita umat Islam bahwa kitab suci yang kita miliki begitu agung, indah dan komprehensip. Sehingga kita sangat layak dan pantas untuk menjadikannya sebagai pedoman hidup kita di dunia untuk meraih kebahagian kelak di akhirat. Karena itulah pada saat ini saya akan mengambil tema “Quranku Keren”.
Hadirin Rahimakumullah.

Kita sebagai kaum muslimin selayaknya merasa bahagia dan bangga dijadikan sebagai seorang muslim, kenapa ? karena kita hidup dalam tuntunan Al Quran yang disamping agung dan mulia, ia juga keren dan gaul. Biarpun anak muda sekarang menggandrungi lagu-lagu ungu dan peterpen, namun keindahan ayat Al Quran tidak akan pernah tertandingi dan terkalahkan, kenapa demikian ? Shihabudin Qulyubi dalam bukunya Stilistika Al Quran mengatakan keserasian antara bunyi harkat, sukun, mad dan gunnah telah menimbulkan suatu alunan musik yang mengagumkan dimana perpindahan dari satu nada ke nada yang lain yang bervariasi telah menimbulkan warna musik yang beragam. Bukankan ini sebagai bukti bahwa al quran lebih keren dibanding syair lagu manapun di dunia ini ? betul apa betul ?

Hadirin Rahimakumullah.

Sampai disanakah keindahan al Quran ? tidak, masih banyak kemukjizatan Al Quran yang lain yang menjadikannya sebagai kitab terkeren di dunia. Diantara keunggulan tersebut adalah :

1. Al Quran mampu memberi informasi terhadap kejadian-kejadian yang akan terjadi, seperti informasi kemenangan bangsa Romawi atas bangsa Persia pada masa sekitar sembilan tahun sebelum peristiwa itu terjadi. Al Quran juga mampu memberi informasi tentang kejadian masa lalu dimana nabi Muhammad sendiri tidak pernah mengalaminya, seperti kisah Ashabul Kahfi, kisah Dzulqornain dan kisah-kisah lain yang mengandung hikmah yang besar bagi kaum muslimin.

2. Al Quran juga mengandung isyarat-isyarat ilmiyah yang sangat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sejak 1400 tahun yang lalu sebelum akhirnya para ilmuwan membenarkan isyarah tersebut, seperti pernyataan Al Quran dalam surat Al Anbiya ayat 30 yang menyatakan bahwa langit dan bumi tadinya merupakan satu gumpalan, yang akhirnya dibuktikan oleh Edwin Hubbel pada tahun 1929 yang disebut dengan teori Bing Bang. Dan masih banyak lagi isyarat lain seperti proses penciptaan manusia, fakta tentang gunung sebagai pasak bumi, lempengan-lempengan tanah, tata surya dan lain-lain.

Karena itulah Allah berfirman dalam Al Quran surat Al Isra ayat 88 yang artinya : “Katakanlah, seandainya manusia dan jin berkumpul untuk menyusun semacam Al Quran ini, mereka tidak akan berhasil menyusunnya, walaupun mereka bekerja sama”. Hadirin Rahimakumullah.

Dari awal sampai akhir dapat disimpulkan bahwa Al Quran merupakan kitab yang keren karena disamping kata-katanya yang indah, ia juga mengandung informasi kejadian yang akan datang, kejadian terdahulu dan mengandung isyarat-isyarat ilmiah, yang semuanya itu sudah ada sejak 1400 tahun yang lalu.

Kalau ada jarum yang patah, jangan kau simpan didalam peti
Kalau ada kata yang salah, jangan kau simpan di dalam hati
Burung irian burung cendrawasih, cukup sekian dan terima kasih
Bunga mawa bunga melati, itulah bunga-bungaan

Billahitaufiq wal Hidayah
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Jawharie.blogspot.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Thanks for your visiting this Blog, please leave comment !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. JawHarie.Blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger